China Suntik Mati Komplotan Pembunuh 13 Pelautnya di Mekhong

China Suntik Mati Komplotan Pembunuh 13 Pelautnya di Mekhong

China Suntik Mati Komplotan Pembunuh 13 Pelautnya di Mekhong
Empat pria asing dieksekusi mati di China atas pembunuhan 13 pelaut di Sungai Mekhong pada 2011 lalu. Nyawa keempat terpidana itu melayang usai disuntik racun di Kunming, Provinsi Yunnan.

Stasiun televisi CCTV News menyiarkan secara langsung detik-detik saat 4 terpidana dibawa dari sel mereka ke lokasi eksekusi. Meski tak menunjukkan saat-saat terakhir mereka.

Seperti dimuat BBC, Jumat (1/3/2013), Sejumlah pengguna sosial media menanggapi dengan marah, mengutuk siaran langsung yang dianggap tak sensitif.

Di antara terpidana mati adalah Naw Kham, pria asal Myanmar yang dianggap sebagai gembong narkoba paling kuat di "Segitiga Emas" -- Thailand, Laos, dan Myanmar.

Dalam sebuah wawancara di sel tahanan, Kham mengaku menyesali perbuatannya. "Segitiga Emas adalah tempatnya setan," kata dia seperti dimuat CNN. "Mengubah orang baik menjadi jahat."

Awalnya, orang-orang datang ke sana untuk berbisnis. "Namun, mereka tidak tahan godaan narkoba dan menjadi bandar."

Sebelumnya, 13 jasad nelayan China ditemukan di dalam kapal kargo pada Oktober 2011 di Sungai Mekhong yang masuk wilayah Thailand.

Kantor berita China, Xinhua menyebut, Naw Kham dan para bawahannya -- berkolaborasi dengan sejumlah oknum tentara Thailand menyerang dua kapal, yang bernama Hua Ping dan Yu Xing.

Tiga terpidana lain adalah Hsang Kham dari Thailand, Yi Lai, yang tak punya kewarganegaraan, dan Zha Xika dari Laos.

Kelompok tersebut ditangkap di Myanmar dan dibawa ke China, Mei tahun lalu. Pihak Beijing mengklaim berwenang menangkap mereka karena meski penyerangan di dalam terori Thailand, kejadiannya di atas kapal berbendera China.

Pada November 2012, hakim memutuskan keempat orang tersebut bersalah melakukan pembunuhan disengaja, perdagangan narkoba, penculikan, dan pembajakan. Upaya banding terakhir mereka ditolak bulan lalu.

Dua anggota lain dari geng itu juga dihukum - salah satunya menerima hukuman mati dengan penangguhan hukuman dan lainnya divonis 8 tahun penjara. Pihak Thailand juga menyelidiki tuduhan keterlibatan sembilan tentaranya.

0 comments:

Post a Comment