Bakteri Jerawat Bisa Mencerahkan Kulit

Bakteri Jerawat Bisa Mencerahkan Kulit

 
Bakteri Jerawat Bisa Mencerahkan Kulit
New York : Jerawat bisa menghampiri siapa saja, terutama remaja. Hal itu karena perubahan hormon pada saat pubertas membuat kulit lebih berminyak. Suatu riset yg dilakukan Universitas California, Los Angeles, membuktikan bahwa tidak semua jenis bakteri Propionibacterium menyebabkan jerawat. Malahan, terdapat satu jenis bakteri tersebut yang bisa menyehatkan dan mencerahkan kulit.

Umumnya, jerawat muncul ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit. Namun, tidak semua orang mengalami jerawatan.

Menurut salah satu periset masalah tersebut, Huiying Li, bakteri yang 'baik' ini bisa melindungi kulit, seperti bakteri yogurt yang melindungi usus dari bakteri yang merugikan. Seperti yang dilansir Huffington Post, Selasa (5/3/2013).

"Langkah Kami selanjutnya adalah menyelidiki apakah krim yang terbuat dari bakteri tersebut dapat digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat." tambahnya.

Untuk itu, seperti yang dimuat di Journal of Investigative Dermatology, peneliti memeriksa 49 orang dengan kulit yang berjerawat dan 52 orang dengan kulit yang mulus. Mereka menggunakan plester untuk mengumpulkan DNA mikroba dari kulit orang-orang tadi dan meneliti jenis bakteri apa yang ada di situ.

Peneliti menemukan beberapa jenis bakteri yang ada di antara satu dari setiap lima orang yangg berjerawat, ternyata tidak terdapat sama sekali pada orang yang berkulit mulus. Peneliti juga menemukan jenis bakteri jerawat yang hanya muncul di orang yang berkulit mulus namun tidak terdapat di mereka yg berjerawat.

0 comments:

Post a Comment