5 Penyakit Akibat Mulut dan Gigi yang Kotor

5 Penyakit Akibat Mulut dan Gigi yang Kotor

5 Penyakit Akibat Mulut dan Gigi yang Kotor

Mulut adalah tempat semua makanan masuk sehingga bila kita kurang menjaga kebersihannya, akan menimbulkan sejumlah penyakit.

Seorang dokter dari Asosiasi dokter gigi di Kanada, dr Euan Swan, menyatakan kalau beberapa penyakit ini berhubungan dengan kebersihan mulut sehingga harus dijaga demi kesehatan, seperti dilansir Canadianliving, Rabu (3/4/2013).

1. Kanker mulut

Kanker mulut mempengaruhi jaringan lunak pada mulut, yang berarti lidah, bibir, lapisan dan dasar mulut Anda, dan bagian dalam pipi Anda bisa diakibatkan oleh kebersihan mulut. Jika tidak diobati, kanker ini dapat menyebar ke seluruh tubuh Anda.

"Jika kanker mulut tidak segera diobati dapat menyebabkan cacat wajah," kata Swan.

Risiko kanker mulut akan meningkat jika Anda perokok, pecandu alkohol dan jika terinfeksi human papillomavirus, virus yang menginfeksi area kulit dan organ kelamin.

2. Diabetes

Beberapa waktu lalu disebutkan kalau kesehatan gusi berpengaruh pada penderita diabetes. Jika Anda memiliki penyakit gusi, Anda akan lebih sulit mengontrol diabetes karena peradangan kronis di mulut yang jadi tantangan bagi tubuh dalam mengontrol metabolisme gula.

Untuk mencegah penyakit gusi, Anda harus biasakan menjaga kebersihan mulut dengan baik, termasuk menyikat gigi dua kali sehari, flossing sekali sehari dan periksa rutin ke dokter gigi.

3. Penyakit jantung

"Bila ada peradangan yang terjadi karena penyakit mulut, otomatis akan ada bahan kimia (obat) yang masuk ke dalam aliran darah yang beredar ke seluruh tubuh. Ini yang biasanya mempengaruhi kesehatan jantung," kata Swan.

4. Pneumonia

Siapapun yang berusia 80 atau lebih tua kemudian tinggal di panti jompo bisa meningkatkan risiko tertular pneumonia jika lansia tersebut tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.

"Anda bisa mendapatkan penumpukan plak gigi atau biofilm. Ada banyak bakteri mulut dalam mulut orang yang sangat sehat. Namun untuk orang tua, plak gigi atau biofilm akan masuk paru-paru sehingga ada bakteri yang akan menyebabkan pneumonia yang sangat serius pada mereka yang berusia 80 atau 90-tahun,"jelas Swan.

5. Kerusakan mata dan otak

Jika tidak diobati, kasus serius kerusakan gigi dapat menyebar dan memengaruhi bagian lain tubuh Anda, termasuk mata dan otak.

"Kerusakan gigi yang tidak diobati dapat berubah menjadi abses, kemudian membengkak dan dapat membahayakan kemampuan bernapas atau menelan. Hal yang paling buruk, kerusakan gigi yang tidak diobati karena dapat mengancam jiwa," tegas Swan.

0 comments:

Post a Comment