Sepatu dengan Jari-jari Ini, Amankah?

Sepatu dengan Jari-jari Ini, Amankah?

Sepatu dengan Jari-jari Ini, Amankah?
Saat ini sedang tren sepatu jari-jari yang mana setiap jari masuk ke tempatnya masing seperti sarung tangan. Tapi amankah menggunakan sepatu jari-jari ini?
Tony Post, mantan bos perusahaan karet sedang gencar mempromosikan sepatu jenis baru bernama Vibram yang memisahkan jari kaki dengan menggunakan pemisahan digital.

Post mengakui sepatu ini terinspirasi ketika ia pernah berlari sekitar tahun 1990 di New York. Seorang pelari menggunakan sepatu kulit yang dibuat oleh Rockpot.
Kemudian perusahaan sepatu olahraga di Jepang juga terinspirasi dari alas kaki yang digunakan ninja.

Nike, sebagai salah satu produsen sepatu olahraga juga mengembangkan sepatu dengan jari di akhir tahun 1990-an tapi sepatu ini ternyata kurang diminati masyarakat.

"Pemasarannya mungkin bisa dikatakan gagal. Beda halnya dengan Vibram, jenis sepatu dengan lima jari ini membuat seseorang berlari seperti tanpa alas kaki," kata Post.
Namun sepatu ini ternyata malah disebut-sebut memiliki dampak buruk bagi kaki Anda karena bisa membahayakan jari kaki.

Seperti dilansir The Independent, Senin (21/1/2013) Tahun 2001, Nike mengirim orang-orang untuk latihan berlari tanpa menggunakan sepatu dan terbukti kalau tanpa alas kaki, seseorang bisa berlari lebih cepat.
"Saya percaya ketika saya melatih beberapa pelari tanpa alas kaki, mereka berjalan lebih cepat dan justru sedikit yang mengalami cedera, " kata Christopher McDougall seperti yang diceritakan dalam bukunya Born to Run.

Ada bukti ilmiah yang menunjukkan perkiraan Dougall benar. Richard Fenton adalah pelari marathon yang juga pelatih kebugaran dan manajer di profeet mengatakan, kalau produsen jangan hanya menawarkan desain tapi juga kualitas sepatu dalam elastisitas gerak.

"Jempol kaki merupakan mekanisme penting untuk bergerak. Jempol kaki juga bisa mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas," kata Fenton.
Ketika berlari, jempol kaki secara efektif mendorong bola karena titik poros yang paling stabil dari tumit ke kaki. Hal ini bisa meningkatkan kekuasaan dan fleksibilitas

Berawal dari sarung tangan yang diproduksi oleh beberapa perusahaan yang menghangatkan setiap jari-jari tangan. Kali ini beberapa perusahaan sepatu olahraga manawarkan produk barunya dengan lima jari pada masing-masing sepatunya.

0 comments:

Post a Comment